Jumat, 20 Oktober 2017

RPP IPS SMP/MTs KELAS 7 SEMESTER 1 TAPEL 2017-2018

RPP IPS SMP/MTs  KELAS 7 SEMESTER 1 TAPEL 2017-2018

Sekolah                        : 
Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester         : VII/1 (Ganjil)
Materi Pokok              : Flora dan Fauna Indonesia
Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit

A.    KOMPETENSI INTI (KI):

1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosialdan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampakmata.
4.
Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah konkret(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan dipelajari di sekolahdan sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
3.1. Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksiantarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupanmanusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

3.1.1.Mendeskripsikan persebaran fauna Indonesia
3.1.2.  Mengidentifikasi ciri-ciri fauna Indonesia
3.1.3.  Memberikan contoh fauna tipe asiatis, tipe peralihan dan tipe australis
2
4.1.Menyajikan hasil telaah konsep ruang konsep ruang (lokasi,distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora danfauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnyaterhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial,budaya dan pendidikan.

4.1.1. Menyajikan hasil diskusi dalam bentuk mengisi LKS yang telah disediakan, megenai fauna di Indonesia.
4.1.2. Mempresentasikan hasil diskusi


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pemebelajaran siswa diharapkan mampu :
Mendeskripsikan persebaran fauna Indonesia dengan tepat
-   Mengidentifikasi ciri-ciri fauna Indonesia dengan rinci
-   Memberikan contoh fauna tipe asiatis, tipe peralihan dan tipe australis masing-masing minimal 4 contoh
-   Menyajikan hasil diskusi dalam bentuk mengisi LKS yang telah disediakan,   megenai fauna di Indonesia dengan lengkap
-   Mempresentasikan hasil diskusi dengan cermat

D.    MATERI PEMBELAJARAN
a.       Flora dan Fauna Indonesia
b.      Persebaran Fauna di Indonesia
            • Fauna Indonesia Bagian Barat
 • Fauna Indonesia Tengah atau tipe peralihan
 • Fauna Indonesia Bagian Timur

B.     PENDEKATAN, METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
-          Pendekatan           : Sciantific
-          Metode                  : Cooperative Learning
-          Model                    : Problem Based Learning

C.    MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.      Media
a.       Gambar-gambar fauna Indonesia yang hampir mengalami kepunahan
b.      Lembar kerja siswa yang telah dipersiapkan oleh guru
2.    Alat
Laptop,komputer,LCD Proyektor

D.    SUMBER-SUMBER
a.       Kemendikbud 2014, Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII.
b.      Kemendikbud 2014, Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII
c.       Wikipedia , browsing internet



E.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1.      Pendahuluan(5 menit)
a. Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama(menghayati ajaran agama), 
b.Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran (rasa ingin tahu).
c.Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran 
d.Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan melihat gambar-gambar hewan langka

2.      Kegiatan Inti  (25 menit)

Langkah/
tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Orientasi terhadap masalah
Guru menyajikan masalah nyata tentang hampir  punahnya fauna Indonesia berupa gambar kepada peserta didik





 














6 menit
2
Organisasi belajar
Guru membagi peserta didik menjadi 6 kelompok dan masing-masing kelompok mendapat gambar berupa masalah fauna dengan cara diundi. Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata tentang punahnya fauna Indonesia sesuai dengan yang telah disajikan, dengan mengidentifikasi beberapa fauna Indonesia yang perlu mereka ketahui dan apa yang perlu mereka lakukan untuk menyelesaikan masalahhamper punahnya fauna Indonesia. Peserta didik dibagi kelompok untuk berbagi peran/tugas untuk menyelesaikan masalah tersebut.
4 menit
3
Penyelidikan individual maupun kelompok

Guru memfasilitasi peserta didik dengan cara membimbing pada tiap-tiap kelompok diskusi untuk mengumpulkan data/informasi tentang punahnya fauna Indonesia dan persebarannyadengan bantuan penyisian LKS.


3 menit
4
Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah

Guru memfasilitasi dengan cara membimbing peserta didik dalam menentukan dan menyelesaikan masalah punahnya fauna Indonesia yang dituangkan dalan LKS


10 menit
5
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah

Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah yang dilakukan.


2 menit

4.      Penutup  (5 menit)
1) Evaluasi :
Testertulis , LaporanPengamatan, danHasil LK
 2) Refleksi :
Peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya:Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?Pengetahuan berharga/baru apa yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini? Bagaimana sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru.
(Jawaban ditulis di buku catatan peserta didik)
  3) Menginformasikanmateripertemuanberikutnya


F.     PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

1.      Teknik Penilaian
a.       Kompetensi sikap; observasi bentuk lembar observasi (terlampir)
b.      Kompetensi pengetahuan;  - Tes tertulis bentuk pilihan ganda (terlampir)
c.       Kompetensi keterampilan (terlampir)
Penilaian Kinerja:
-          Penilaian proses (obsevasi terhadap diskusi) (terlampir)
-          Penilaian produk (hasil jawaban siswa dalam bentuk LKS) (terlampir)
2.      Instrumen penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)
3.      Teknik penilaian pembelajaran remedial dan pengayaan mengacu pada teknik penilaian reguler. (terlampir)
      Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah penilaian dilakukan.





.......................,Juli  2017

Mengetahui,                                                                Guru Mata Pelajaran IPS,
Kepala SMP





................................                                                        ..............................................                                                                       













Lampiran 1 
PENILAIAN SIKAP

A.    Penilaian Sikap
1.      Teknik Penilaian Observasi
2.      Instrumen penilaian dan pedoman penskoran

a.       Instrumen Penilaian
1.      Petunjuk umum
a)   Instrumen penilaian/pencatatan kompetensi sikap  berupa lembar observasi
b)   Instrumen ini diisi oleh guru
2.      Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan selama proses pembelajaran, tuliskan kejadian-kejadian khusus sesuai format jurnal berikut.

Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah              : 
Kelas/Semester            : VII / I (Ganjil)
Tahun pelajaran            : 2017/2018
Guru                             : IPS

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.
      1.             
2 Nov 2016
A
Memberi kesempatan pada yang lain terlebih dahulu untuk berbicara
Toleransi
Sosial
      2.             

B
Menghargai pendapat orang lain
Toleransi
Sosial
      3.             

C
Mengatakan “Alhamdulillah” pada saat selesai pelaksanaan diskusi
Ketaqwaan
Spiritual
      4.             

D
Tidur di kelas
Kedisiplinan
Sosial
      5.             

E
Mengganggu / Jahil terhadap temannya
Kedisiplinan
Sosial
...















Lampiran2

PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

KISI-KISI PENULISAN BUTIR SOAL

Nama Sekolah             :
Kelas/Semester            : VII/ 1 ( Ganjil )
Tahun Pelajaran           : 2017/2018
Mata Pelajaran             : IPS


No

KompetensiDasar
Materi/
Sub Materi
IndikatorSoal
BentukSoal
JumlahSoal
1
3.1 memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologi, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, social, budaya dan pendidikan

Persebaran fauna Indonesia
1.    Pesertadidikdapatmenyebutkanjenis fauna yang hampirpunah
2.    Pesertadidikdapatmembedakanjenis fauna australisdanasiatis
3.    Pesertadidikdapatmengidentifikasiwilayahpersebaran fauna
4.    Pesertadidikdapat membedakan garis yang memisahkan antara fauna asiatis dan peralihan
5.    Pesertadidikdapat menyebutkan tokoh antropologi yang berjasa dalam menentukan garis pemisah antara fauna asiatis dan fauna peralihan

PG
5




Lampiran 3

LEMBAR  KERJA (2)
PENULISAN BUTIR SOAL

KARTU SOAL
Jenis Sekolah      : SMP
Mata Pelajaran :IPS
Nama Penyusun :  Rina Malia C                                                                                                                                               Tahun Pelajaran : 2017/2018
Tempat Tugas     : 
Bentuk Soal         : Pilihan Ganda


Materi


Buku Sumber :

No.Soal
1

KunciJawaban

B

Rumusan Butir Soal
Dari gambar di bawah ini termasuk jenis hewan yang hampir punah …
a.
b.
c.
d.
Indikator Soal






KARTU SOAL
Jenis Sekolah      : SMP
Mata Pelajaran  :IPS
Nama Penyusun :                                                                                                                               Tahun Pelajaran : 2017/2018
Tempat Tugas     : 
Bentuk Soal         : Pilihan Ganda


Materi


Buku Sumber :

No.Soal
2

KunciJawaban
A
RumusanButirSoal:
1
2
3
4
Kangguru
Kuskus
Beruang
Walabi
Gajah
Beruang
Harimau
Badak
Babi Rusa
Anoa
Jalak Bali
komodo
Cendrawasih
Gajah
Badak
Harimau
Berdasarkan tabel di atas,contoh-contoh hewan australis ditunjukkan oleh kolom…
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
Indikator Soal






KARTU SOAL
Jenis Sekolah      : SMP
Mata Pelajaran  :IPS
Nama Penyusun :                                                                                                                              Tahun Pelajaran : 2017/2018
Tempat Tugas     : 
Bentuk Soal         : Pilihan Ganda


Materi



Buku Sumber :

No.Soal
3

KunciJawaban
B

4.
2.
1.
3.
B.
A.
D.
RumusanButirSoal:
A.
B.
C.
D.
Babi rusa merupakan fauna Indonesia berasal dari wilayah .....
A.       1                            C.  3
B.       2                            D.  4
Indikator Soal






KARTU SOAL
Jenis Sekolah      : SMP
Mata Pelajaran  :IPS
Nama Penyusun :                                                                                                                             Tahun Pelajaran : 2017/2018
Tempat Tugas     : 
Bentuk Soal         : Pilihan Ganda


Materi


Buku Sumber :

No.Soal
4

KunciJawaban

C

RumusanButirSoal:
Garis pemisah antara wilayah fauna peralihan dan fauna australis disebut.....
A.     Garis Wallace             C. Garis weber
B.      Garis bujur                  D. Garis lintang

Indikator Soal






KARTU SOAL
Jenis Sekolah      : SMP
Mata Pelajaran  :IPS
Nama Penyusun :                                                                                                                            Tahun Pelajaran : 2016/2017
Tempat Tugas     : 
Bentuk Soal         : Pilihan Ganda


Materi


Buku Sumber :

No.Soal
5

KunciJawaban

      A

RumusanButirSoal:
Gambar di atas adalah tokoh antropologi yang berjasa memisahkan jenis fauna di Indonesia bernama ....
A.      Alfred Russel Wallace
B.      Thomas Raffless
C.      Herman Daendels
D.   Cornelis de Houtman
Indikator Soal





PEDOMAN PENSKORAN SOAL (TERTULIS)

Nomor soal 1 s.d 5 memiliki skor 2
Nilai max = (5 x 2) x 10
Nilai = (Jawaban benar x 2) x 10




Lampiran 4

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
(PROBLEM BASED LEARNING)

A. Mata Pelajaran         :   IPS
B. Kompetensi Dasar    : 4.1. Menyajikan hasil telaah konsep ruang konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.
C. Model                         :    Problem Based Learning
D. Materi Pelajaran       :    Persebaran Fauna di Indonesia
EUraian Tugas:

1.      Guru menyiapkan gambar masalah punahnya fauna di Indonesia
2.      Guru menyiapkan Lembar Kerja Siswa (LKS)
3.      Peserta didik diarahkan untuk mengisi lembar kerja yang telah disediakan dengan cara berdiskusi dan penggalian informasi/ pengumpulan data dari buku sumber atau dari sumber lain yang relevan.
4.      Peserta didik berdiskusi mengisi LKS
5.      Peserta didik per kelompok mempresentasikan di depan kelas secara bergiliran
6.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran hasil diskusi

F.  RUBRIK PENILAIAN:

1. Rubrik Penskoran Penilaian Diskusi

No.
Aspek yang Dinilai
Skor

1
2
3
4

1
Kemampuan penguasaan materi





2
Kemampuan berkontribusi dalam diskusi





3
Ketepatan penggunaan istilah





4
Kemampuan menyelesaikan masalah





5
Kemampuan membuat kesimpulan





Jumlah Skor
20











Pedoman penskoran untuk observasihasil diskusi

SKOR
Pernyataan
Kemampuan penguasaan materi
Kemampuan berkontribusi dalam diskusi
Ketepatan penggunaan istilah
Kemampuan menyelesaikan masalah
Kemampuan membuat kesimpulan
1
2
3
4
5
4
Sangat menguasai
Sangat berkontribusi
Sangat tepat
Sangat mampu
Sangat mampu
3
Menguasai
Berkontribusi
tepat
mampu
mampu
2
Kurang menguasai
Kurang berkontribusi
Kurang tepat
Kurang mampu
Kurang mampu
1
Tidak  menguasai
Tidak  berkontribusi
tidak tepat
Tidak mampu
Tidak mampu

Nilai akhir = skor yg diperoleh/ 20 x 100


2.      Rubrik Penskoran Penilaian Hasil Kerja

No.
Aspek yang Dinilai
Skor
1
2
3
4
1
Kemampuan penguasaan materi




2
Kebenaran konsep




3
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan/menyelesaikan masalah




4
Kebersihan dan kerapihan tulisan




Jumlah Skor
20










Skor
Pernyataan
Kemampuan penguasaan materi
Kebenaran konsep
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan/menyelesaikan masalah
Kebersihan dan kerapihan tulisan
1
2
3
4
4
Sangat menguasai
Sangat tepat
Sangat tepat
Sangat bersih dan rapih
3
Menguasai
Tepat
Tepat
bersih dan rapih
2
Kurang menguasai
Kurang tepat
Kurang tepat
Kurang bersih dan rapih
1
Tidak  menguasai
Tidak tepat
tidak tepat
Tidak bersih dan rapih

Nilai akhir = skor yg diperoleh/ 20 x 100


















Lampiran 5

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

Kelompok :
.................................
Nama Anggota:
1...............................
2...............................
3...............................
4...............................
5................................
6................................



























Mata Pelajaran             : IPS
Materi   Pokok             : Flora dan fauna Indonesia


Persebaran Fauna Indonesia



Sumber/Bahan:
-          Buku paket / Buku Siswa IPS
-          Gambar hewan langka





 


















Baca dan cermati wacana di bawah ini!
Di Indonesia, Kebun Binatang Jual-Beli Satwa Langka
 








Gading gajah yang diekspoitasi
Penjualan gading gajah
Harimau diambil dan dimanfaatkan kulitnya untuk kepentingan pribadi

 








Harimau dieksploitasi
Dan diperjualbelikan
Penganiayaan Orangutan
Penangkapan liar hiu untuk konsumsi

Sejumlah kebun binatang (KB) di Indonesia, termasuk KB Ragunan, Jakarta, ternyata punya hubungan khusus dengan Pasar Hewan Langka Pramuka, Jakarta Timur. Sudah bertahun-tahun sejumlah KB menjalin hubungan jual-beli dengan beberapa pedagang di pasar ini.
Dalam praktik jual-beli satwa langka yang dilindungi, KB diduga sudah sejak lama menjadi salah satu pintu keluar hewan langka ke tangan kolektor.Jadi, tak semuanya diambil dari alam.
Hewan langka yang didapat dari KB oleh penjual biasanya yang masih anakan atau anak dari hewan langka yang ada di KB tersebut.
Beberapa KB yang biasa menjadi pemasok hewan langka sebagian berada di Pulau Jawa serta beberapa KB di Sumatera.Salah satu pedagang hewan langka di Pasar Pramuka HMN mengatakan, dia tengah menjual seekor macan bengal India yang harganya Rp 190 juta. Pemilik macan itu seorang petinggi TNI."Jangan disebutlah namanya. Pokoknya barangnya ada di Jakarta," kata HMN kepada Warta Kota, Sabtu (2/11/2013)
Menurut Kementerian Kehutanan, Indonesia memiliki sekitar 300.000 jenis satwa liar atau sekitar 17 persen satwa di dunia terdapat di Indonesia, dan merupakan habitat bagi satwa langka dunia.
Perdagangan satwa liar di Indonesia terjadi mulai dari pasar hewan, daerah-daerah pinggiran, penyelundupan aparat tak bertanggung jawab, sampai situs jual beli online. Menurut Profauna, di forum Kaskus saja pada Januari 2014 ada 220 iklan satwa atau bagian tubuh satwa dilindungi.
Ada sedikitnya 22 jenis satwa langka yang diiklankan antara lain gading gajah, penyu sisik, kukang, lutung jawa, elang jawa, kulit harimau, cendrawasih, kucing hutan, surili, kakaktua raja dan trenggiling. Satwa langka yang sudah dilindungi tersebut ditawarkan dengan harga bervariasi. kukang ditawarkan seharga Rp 200 ribu, siamang Rp 3 juta, Elang Jawa Rp 2 hingga 5 juta dan nuri kepala hitam Rp 1 juta.
Penelusuran tim Ekuatorial sendiri terhadap situs jual beli online menemukan bahwa produk satwa liar yang paling banyak diiklankan adalah gading gajah. Tim bahkan menemukan sebuah situs penjualan kulit harimau utuh secara terbuka pada blog harimauawetan.
Untuk jenis satwa yang paling diminati dalam perdagangan, Chaerul Saleh menanggapi, “Makin langka, makin dicari orang dan punya gengsi yang besar, harga makin tinggi.” Kemudian ia menyebutkan bahwa kulit harimau utuh beberapa tahun lalu di Indonesia dihargai Rp 15 juta; burung rangkong gading Rp 3-5 juta per kepala; sedangkan gading gajah dihargai per kilo. Menurut data Profauna, gading gajah utuh dijual seharga Rp 14 juta per kilogram, sedangkan yang dalam bentuk pipa rokok dijual seharga antara Rp 150.000 hingga Rp 2,5 juta.
Selain beredar lokal, satwa liar Indonesia juga diimpor ke negeri-negeri seberang.“Yang sekarang banyak diekspor itu trenggiling, karena baik sisik dan daging punya nilai jual yang cukup besar,” ujar Chaerul Saleh.Trenggiling paling sering diselundupkan ke Cina, kemudian Korea Selatan, dan Singapura.Ia menambahkan informasi pasar baru di Asia untuk gading gajah adalah Vietnam.
Sedangkan untuk harimau, sebuah kajian oleh Oswell tahun 2010, menunjukkan bahwa persebaran Harimau Sumatera dimulai dari Sumatera ke Malaysia, kemudian Myanmar.Dari Myanmar ada yang langsung ke Cina, ada juga yang dibawa melalui laos, Vietnam, baru ke Cina.
                                                                                                                  (Sumber:nationalgeographic.co.id.)


Berdasarkan wacana di atas, jawablah pertanyaan dibawah ini!

1.      Jelaskan alasan kegiatan jual beli hewan langka dilarang?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Bagaimana cara pemerintah untuk mengatasi masalah jual beli hewan langka tersebut?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Berikan contoh hewan yang diperjualbelikan di Pulau:
a.       Jawa dan Sumatera?
..............................................................................................................................................................
b.      Sulawesi dan Bali?
..............................................................................................................................................................
c.       Irian ?
..............................................................................................................................................................
4.      Jelaskan alasanmu, apa yang menjadi penyebab hewan langka yang diperjualbelikan ditiap daerah di Indonesia berbeda-beda?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Berikan ciri-ciri hewan yang berasal dari Indonesia Bagian Barat, Timur dan Tengah!
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Selamat bereksplorasi



Lampiran 6

BAHAN AJAR

Kompetensi Dasar :
3.1  Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.
4.1. Menyajikan hasil telaah konsep ruang konsep ruang (lokasi,distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora danfauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnyaterhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial,budaya dan pendidikan.

URAIAN MATERI

b. Persebaran Fauna Indonesia
Fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga corak yang berbedayaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur.Garis yang memisahkan faunaIndonesia Bagian Barat dengan Tengah dinamakan garis Wallace, sedangkangaris yang memisahkan fauna Indonesia Bagian Tengah dan Timur dinamakanGaris Weber.
Fauna bagian barat memiliki ciri atau tipe seperti halnya fauna Asia sehinggadisebut tipe Asiatis (Asiatic).Fauna bagian timur memiliki ciri atau tipe yangmirip dengan fauna yang hidup di Benua Australia, sehingga disebut TipeAustralis (Australic).Fauna bagian tengah merupakan fauna peralihan yangciri atau tipenya berbeda dengan fauna Asiatis maupun Australis.Faunanyamemiliki ciri tersendiri yang tidak ditemukan di tempat lainnya di Indonesia.Fauna tipe ini disebut fauna endemis.
Gambar 1.37.Pembagian wilayah sebaran fauna di Indonesia.garis Wallace membatasi
wilayah sebaran fauna Indonesia Barat dan Tengah, sedangkan garis Weber membatasi
wilayah sebaran fauna Indonesia Tengah dengan Timur


Alfred Russel Wallace (1823-1913)
merupakan penjelajah dan ahli ilmu
alam, geografi,antropologi, dan
biologi yang membagi fauna di
Indonesia menjadi fauna yang berasal
dari Asia dan bagian timur memiliki
burung dan mamalia yang mirip
Australia. Garis pemisah tersebut
                                    dikenal dengan garis Wallace.


1). Fauna Indonesia Bagian Barat
Fauna Indonesia bagian Barat atau tipe Asiatis mencakup wilayah Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan.Mamalia berukuran besar banyak ditemui di wilayah ini seperti gajah, macan, tapir, badak bercula satu, banteng, kerbau, rusa, babi hutan, orang utan, monyet, bekantan, dan lain-lain.Selain mamalia, di wilayah ini banyak pula ditemui reptil seperti ular, buaya, tokek, kadal, tokek, biawak, bunglon, kura-kura, dan trenggiling.
Berbagai jenis burung yang dapat ditemui diantaranya burung hantu, gagak, jalak,elang, merak, kutilang, dan berbagai macam unggas. Berbagai macam ikan air tawar seperti pesut (sejenis lumba-lumba di Sungai Mahakam) dapat ditemui
di wilayah ini. Perhatikan gambar di bawah ini yang merupakan contoh fauna
Indonesia bagian barat.

              
1. Gajah                                                                                   2. Harimau

                  
3. Badak bercula satu                                                              4. Banteng
Sumber:
Gambar 1.38. Beberapa spesies fauna indonesia bagian barat

2). Fauna Indonesia Tengah atau tipe peralihan
Wilayah fauna Indonesia Tengah atau disebut pula wilayah faunaKepulauan Wallace, mencakup Sulawesi, Maluku, Timor dan Nusa Tenggaraserta sejumlah pulau-pulau kecil di sekitar pulau-pulau tersebut. Faunayang menghuni wilayah ini antara lain babi rusa, anoa, ikan duyung, kuskus,monyet hitam, kuda, sapi, monyet saba, beruang, tarsius, sapi, dan banteng.Selain itu terdapat pula reptil, Amphibia dan berbagai jenis burung. Reptil
yang terdapat di daerah ini, diantaranya biawak, komodo, buaya, dan ular.

Berbagai macam burung yang terdapat di wilayah ini diantaranya maleo,burung dewata, mandar, raja udang, rangkong, dan kakatua nuri.
Berikut inigambar contoh fauna Indonesia bagian tengah.

          
1. Anoa                                                           2. Komodo

          
3. Kus Kus                                                                  4. Babi Rusa
Sumber:
Gambar 1.39 Beberapa spesies fauna indonesia bagian tengah

3). Fauna Indonesia Bagian Timur
Fauna Indonesia Bagian Timur atau disebut tipe australic tersebar diwilayah Papua, Halmahera dan Kepulauan Aru.Fauna berupa mamalia yangmenghuni wilayah ini antara lain kanguru, beruang, walabi, landak irian(nokdiak), kuskus, pemanjat berkantung (oposum layang), kangguru pohon,dan kelelawar.Di wilayah ini tidak ditemukan kera.Disamping mamaliatersebut terdapat pula reptil seperti biawak, buaya, ular, kadal.Berbagai jenisburung ditemui di wilayah ini diantaranya burung cenderawasih, nuri, rajaudang, kasuari, dan namudur.Jenis ikan air tawar yang ada relatif sedikit.

          
1. Walabi                                                                     2. Landak Irian
          
3. Cendrawasih                                                           4. Nuri
Buku siswa

Sumber:
3.http://4.bp.blogspot.com
Gambar 1.40. Beberapa spesies flora dan fauna indonesia bagian timur



Tidak ada komentar:

Posting Komentar