Senin, 06 November 2017

QUISIONER MODALITAS/GAYA BELAJAR SISWA

QUISIONER MODALITAS BELAJAR
SMP NEGERI 2 PAMEUNGPEUK-GARUT
TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Gaya belajar saya adalah :
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
(diisi setelah selesai dianalisa)
 


Nama    : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas     : . . . . . . . .
Tanggal : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

PETUNJUK : Lingkarilah (angkanya) pilihan kamu pada pernyataan di bawah ini sesuai dengan aktifitas yang biasa dirasakan atau dilakukan sehari-hari !

1   1.  Saya lebih suka mendengarkan informasi yang ada di kaset daripada membaca buku
2  2.   Jika mengerjakan sesuatu, saya selalu membaca intruksinya terlebih dulu
3  3.   Saya lebih suka membaca daripada mendengarkan penjelasan
4  4.  Saat seorang diri, saya biasanya memainkan musik atau bernyanyi
5  5.  Saya lebih suka berolahraga daripada membaca buku
6  6. Saya selalu dapat menunjukkan arah utara atau  selatan di mana pun saya berada
7  7   Saya suka menulis surat atau buku harian
8  8.   Saat  orang lain berbicara dengan saya, saya suka mengatakan, “ya” atau “benar” atau “iya lah” atau “tidak” atau “ jangan begitu lah”  atau apa saja yang sifatnya memberi sahutan
9   9.   Ruangan belajar/ruangan rumah saya biasanya berantakan (tidak teratur)
   10. Saya suka membuat, merancang, mengerjakan sesuatu dengan kedua tangan saya (tidak meminta bantuan kepada orang lain)
1 11.  Jika mendengar sebuah lagu, dengan cepat saya langsung dapat menghafalnya tanpa melihat tulisan lagu tersebut
1  12.   Ketika mendengar orang lain berbicara, saya biasanya membuat gambaran dalam pikiran saya dari apa yang mereka katakan
1  13.   Saya suka banget olah raga, kalau sudah olah raga suka lupa kegiatan yang lain
1  14.   Saya suka kalau berlama-lama ngobrol di telepon
1  15.   Musik adalah bagian hidup saya, tanpa musik hidup terasa membosankan
1  16.   Saya sangat senang berkumpul baik dengan teman atau dengan siapa saja
1  17.   Saat melihat obyek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengenali obyek yang sama walaupun posisi obyek itu diputar/diubah
1  18.   Kalau sedang berbicara, saya sering mengucapkan kalimat “saya pikir”, “saya rasa”  atau  
“saya ingin bisa menangani hal ini”
1  19.   Saat mengingat suatu pengalaman, saya seringkali melihat pengalaman itu dalam bentuk gambar di dalam pikiran saya
2  20.   Saat mengingat suatu pengalaman,  saya seringkali seolah-olah mendengar suara orang lain berbicara kepada diri saya mengenai pengalaman tersebut
2  21.   Saat mengingat suatu pengalaman, saya seringkali ingat bagaimana perasaan saya terhadap pengalaman tersebut
2  22.   Saya lebih suka mendengarkan musik dari radio atau CD/MP3 (kurang suka kalau dari tayangan video klipnya)
2  23.   Saya suka mencoret-coret kertas saat berbicara di telepon
2  24.   Saya lebih suka disuruh memperagakan suatu contoh/kejadian daripada disuruh membuat laporan tertulis mengenai contoh/kejadian tersebut
2  25.   Saya lebih suka menceritakan/membacakan suatu cerita daripada mendengarkan
2  26.   Saya biasanya berbicara dengan perlahan
2  27.   Saya lebih suka berbicara daripada menulis
2  28.   Tulisan tangan saya biasanya kurang bagus/kurang rapih
2  29.   Saya biasa menggunakan jari untuk menunjuk kalimat yang saya baca
3  30.   Saya dapat dengan cepat melakukan penjumlahan atau perkalian dalam pikiran saya
3  31.   Saya suka mengeja kata-kata dan sering melakukannya
3  32.   Saya akan sangat terganggu  jika ada orang yang berbicara pada saat saya nonton TV
3  33.   Saya suka mencatat  perintah/intruksi yang ditujukan kepada saya  yang disampaikan secara lisan oleh siapapun
3  34.   Saya dapat dengan mudah mengingat apa yang orang lain katakan kepada saya
3  35.   Saya paling mudah belajar sambil mempraktekkan daripada belajar teori saja
3  36.   Sangat sulit bagi saya untuk duduk diam dalam waktu yang lama
3  37.   Jika mengerjakan soal UTS/UKK saya langsung membaca soal tanpa membaca petunjuknya
3  38.   Saya lebih senang menikmati lagu dengan melihat video klipnya
3  39.   Saya agak telat/susah menghafal lirik (kata-kata) yang ada dalam sebuah lagu
4  40.   Saya selalu berusaha untuk menjauhi kerumunan karena saya lebih suka menyendiri
                                  “LONGLIFEEDUCATION                                                                                                                                                                                                                                                                 HENDY EFFENDI RESEARCH (HER)                                                                                                                                                                                                                 


            PENJELASAN QUISIONER MODALITAS BELAJAR

Tulislah angka-angka yang anda lingkari pada lembar Quisioner ke dalam kotak-kotak di bawah ini,
Lalu komparasikan dengan keterangan  V, A, dan K  !









































V
Orang  dengan gaya belajar Visual akan memilih nomor :
2, 3, 6, 7, 12, 17, 19, 23, 25, 30, 31, 33, 38, 40

A
Orang dengan gaya belajar Auditori akan memilih nomor :
1, 4, 8, 11, 14, 15, 16, 20, 22, 27, 32, 34, 39

K
Orang dengan gaya belajar Kinestetik akan memilih nomor :
5, 9, 10, 13, 18, 21, 24, 26, 28, 29, 35, 36, 37

Modalitas Belajar adalah gaya belajar yang dimiliki oleh setiap individu.
Macam-macam Modalitas Belajar :
1.       VISUAL (Belajar dengan cara MELIHAT)
2.       AUDITORI (Belajar dengan cara MENDENGAR)
3.       KINESTETIK (Belajar dengan cara BERGERAK/BEKERJA/MENYENTUH)

Dalam Buku Quantum Learning (karangan Bobbi DePorter & Mike Hernacki) dijelaskan bahwa dalam tahapan tertentu  setiap individu belajar dengan ketiga modalitas tersebut, tapi kebanyakan individu lebih cenderung memiliki satu modalitas saja.

Ciri individu yang memiliki modalitas belajar Visual :
1). Bicara agak cepat
2). Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi
3). Tidak mudah terganggu oleh keributan
4). Lebih mudah mengingat apa yang dilihat daripada apa yang didengar
5). Lebih suka membaca daripada dibacakan
6). Bisa membaca cepat
7). Memiliki hobi membaca
8). Seringkalai mengetahui apa yang harus dikatakan tapi kurang pandai memilih kata-    
      kata
9). Tekun dalam belajar
                    10). Mempunyai masalah dalam mengingat intruksi verbal kecuali jika ditulis, dan   
                            seringkali minta bantuan orang lain untuk mengulangi intruksi verbal tersebut

                       Ciri individu yang memiliki modalitas belajar Auditori :
                       1). Saat bekerja suka bicara kepada diri sendiri
                       2). Mudah terganggu oleh keributan
                       3). Senang membaca dengan suara keras
                       4). Menggerakkan bibir agak berlebihan pada saat membaca
                       5). Suka mengucapkan saat melihat tulisan
                       6). Kalau berbicara sangat fasih
                       7). Lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya
                       8). Lebih suka gurauan lisan daripada membaca buku novel, komik, dll
                       9). Berbicara dalam irama yang terpola
                     10). Pendengar yang baik

                       Ciri individu yang memiliki modalitas belajar Kinestetik :
                       1). Berbicara perlahan
                       2). Tidak mudah terganggu oleh keributan
                       3). Jika menghafal sesuatu biasanya sambil berjalan-jalan
                       4). Menggunakan alat tunjuk (jari, pulpen, dll) ketika membaca
                       5). Malas menulis tapi hebat dalam berbicara/bercerita
                       6). Ketika melihat suatu benda, keinginan untuk menyentuh benda tersebut sangat kuat
                       7). Menggerakkan anggota tubuh agak berlebihan saat membaca
                       8). Menyukai permainan yang menyibukkan
                       9). Tidak dapat mengingat/menentukan arah mata angin dengan baik
                     10). Untuk mendapatkan perhatian, suka menyentuh orang yang sedang diajak bicara







QUISIONER MODALITAS BELAJAR SISWA
“                









 














 UNTUK MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA
KELAS VIII.B  SMPN 2 PAMEUNGPEUK-GARUT
Tahun pelajaran 2017-2018




DISUSUN OLEH :
Drs. HENDY EFFENDI
19660913 199802 1 001









SMP NEGERI 2 PAMEUNGPEUK
Jl. RAYA PAMEUNGPEUK-CISOMPET KM 3 KP. CIGADOG DESA SIRNABAKTI
KEC. PAMEUNGPEUK KAB. GARUT









DAFTAR MODALITAS BELAJAR SISWA
KELAS VIII.B
SMP NEGERI 2 PAMEUNGPEUK-GARUT
TAHUN PELAJARAN 2017-2018

NO
NAMA  SISWA
MODALITAS BELAJAR
MODALITAS DOMINAN
VISUAL
AUDITORI
KINESTETIK
1
Abdul Lathif Setiawan
2
9
4
A
2
Albi Fadillah Ahmad
1
3
2
A
3
Aldi Saputra
4
7
4
A
4
Andi Apriliawan
1
5
3
A
5
Arizal Fadhilah
4
4
7
K
6
Clara Velita Pranolo
4
8
5
A
7
Dani Setiawan
5
6
7
KAV
8
David Aliefatan
1
4
5
KA
9
Desi Amelia
3
4
7
K
10
Desi Indri Sulistiani
4
6
4
A
11
Dhea Nabillah Bambang
2
6
7
KA
12
Dian Nur Arifah
4
8
6
AK
13
Fajar Ramadhan
3
3
1
VA
14
Galih Arya Putra
2
4
8
K
15
George Kanisius
3
5
4
AK
16
Herlan Alfaridzi
1
4
6
K
17
Ibrohim
2
6
5
AK
18
Indah Permatasari
2
4
4
AK
19
Ismail Raja Hamsyah Dani
2
3
2
AVK
20
Isya Setianingrum
3
8
9
KA
21
Lolita Agustina
4
5
5
AKV
22
Lulu Utami Armina
4
6
5
AKV
23
Marco
3
6
4
A
24
Meli Maulidia
8
7
7
VAK
25
Moch.  Zabal
3
6
7
KA
26
Muhammad  Dwi Saputra
-
-
-
-
27
Muhammad Rizki
8
6
6
VAK
28
Nilam Cahya
3
4
4
AKV
29
Nur Fatmawati
3
4
3
AVK
30
Nurhajat
5
7
5
A
31
Oky Setiawan
3
6
5
AK
32
Putri Nurlianita
6
6
7
KVA
33
Ramadani Eka Pamungkas
6
4
4
V
34
Syahrul Ramadhan
1
1
3
K
35
Tomi
1
4
4
AK
36
Tri Kusumaningtyas
4
6
4
AVK

















LEMBAR  PENGESAHAN





QUISIONER



MODALITAS BELAJAR



UNTUK MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA
KELAS VIII.B SMPN 2 PAMEUNGPEUK-GARUT
TAHUN PELAJARAN 2017-2018














                                                                                                              Pameungpeuk, 16 Oktober 2017
          Kepala Sekolah                                                                                      Penyusun




          Aip Saputra, S.Pd                                                                                   Drs. Hendy Effendi
          19601227 198302 1 003                                                                           19660913 199802 1 001












PEDOMAN   UNTUK   GURU/ORANG TUA
 




TINDAK LANJUT HASIL QUISIONER

1.       STRATEGI UNTUK MEMPERMUDAH PROSES BELAJAR SISWA VISUAL
1). Gunakan materi visual seperti gambar-gambar, diagram, atau peta
2). Berikan variasi warna untuk menandai hal-hal yang dianggap penting
3). Ajak siswa untuk membaca buku-buku berilustrasi
4). Gunakan multi media misalnya komputer, OHP, DVD Player, atau In Focus
5). Ajak siswa untuk mencoba mengilustrasikan ide-idenya ke dalam bentuk gambar

2.       STRATEGI UNTUK MEMPERMUDAH PROSES BELAJAR SISWA AUDITORI
1). Ajak siswa untuk ikut berpartisipasi saat diskusi baik di dalam kelas maupun di keluarga
2). Dorong siswa untuk membaca materi pelajaran dengan suara keras
3). Gunakan selingan musik saat menyampaikan materi pelajaran kepada siswa
4). Diskusikan ide dengan siswa secara verbal
5). Biarkan siswa merekam materi pelajaran ke dalam kaset

3.       STRATEGI UNTUK MEMPERMUDAH PROSES BELAJAR SISWA KINESTETIK
1). Jangan paksakan siswa untuk belajar sampai berjam-jam
2). Ajak siswa baca buku sambil berjalan-jalan atau bersepeda
3). Izinkan siswa untuk mengunyah permen karet pada saat belajar
4). Gunakan warna terang/mencolok untuk menandai hal-hal penting dalam bacaan
5). Izinkan siswa untuk belajar sambil mendengarkan musik







AKAN  JAUH  LEBIH  BIJAKSANA    BILA  GURU/ORANG TUA  TERLEBIH  DAHULU    MENGETAHUI  MODALITAS BELAJAR DIRINYA SENDIRI SEBELUM  MENELITI MODALITAS  BELAJAR  SISWA !!!
 










                                                                                                                                                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar