QUISIONER
MODALITAS BELAJAR
SMP
NEGERI 2 PAMEUNGPEUK-GARUT
TAHUN
PELAJARAN 2017-2018
Gaya belajar saya adalah :
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . .
(diisi setelah selesai dianalisa)
|
Nama : . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas : . . . . . . . .
Tanggal : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
PETUNJUK : Lingkarilah (angkanya) pilihan kamu pada pernyataan di bawah
ini sesuai dengan aktifitas yang biasa
dirasakan atau dilakukan sehari-hari !
1 1. Saya lebih suka mendengarkan informasi yang ada
di kaset daripada membaca buku
2 2. Jika
mengerjakan sesuatu, saya selalu membaca intruksinya terlebih dulu
3 3. Saya
lebih suka membaca daripada mendengarkan penjelasan
4 4. Saat
seorang diri, saya biasanya memainkan musik atau bernyanyi
5 5. Saya
lebih suka berolahraga daripada membaca buku
6 6. Saya
selalu dapat menunjukkan arah utara atau
selatan di mana pun saya berada
7 7 Saya
suka menulis surat atau buku harian
8 8. Saat orang lain berbicara dengan saya, saya suka
mengatakan, “ya” atau “benar” atau “iya lah” atau “tidak” atau “ jangan begitu
lah” atau apa saja yang sifatnya memberi
sahutan
9 9. Ruangan
belajar/ruangan rumah saya biasanya berantakan (tidak teratur)
10. Saya
suka membuat, merancang, mengerjakan sesuatu dengan kedua tangan saya (tidak
meminta bantuan kepada orang lain)
1 11. Jika
mendengar sebuah lagu, dengan cepat saya langsung dapat menghafalnya tanpa
melihat tulisan lagu tersebut
1 12. Ketika
mendengar orang lain berbicara, saya biasanya membuat gambaran dalam pikiran
saya dari apa yang mereka katakan
1 13. Saya
suka banget olah raga, kalau sudah olah raga suka lupa kegiatan yang lain
1 14. Saya
suka kalau berlama-lama ngobrol di telepon
1 15. Musik
adalah bagian hidup saya, tanpa musik hidup terasa membosankan
1 16. Saya
sangat senang berkumpul baik dengan teman atau dengan siapa saja
1 17. Saat
melihat obyek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengenali obyek yang
sama walaupun posisi obyek itu diputar/diubah
1 18. Kalau
sedang berbicara, saya sering mengucapkan kalimat “saya pikir”, “saya
rasa” atau
“saya ingin bisa menangani hal
ini”
1 19. Saat
mengingat suatu pengalaman, saya seringkali melihat pengalaman itu dalam bentuk
gambar di dalam pikiran saya
2 20. Saat
mengingat suatu pengalaman, saya
seringkali seolah-olah mendengar suara orang lain berbicara kepada diri saya
mengenai pengalaman tersebut
2 21. Saat
mengingat suatu pengalaman, saya seringkali ingat bagaimana perasaan saya
terhadap pengalaman tersebut
2 22. Saya
lebih suka mendengarkan musik dari radio atau CD/MP3 (kurang suka kalau dari
tayangan video klipnya)
2 23. Saya
suka mencoret-coret kertas saat berbicara di telepon
2 24. Saya
lebih suka disuruh memperagakan suatu contoh/kejadian daripada disuruh membuat
laporan tertulis mengenai contoh/kejadian tersebut
2 25. Saya
lebih suka menceritakan/membacakan suatu cerita daripada mendengarkan
2 26. Saya
biasanya berbicara dengan perlahan
2 27. Saya
lebih suka berbicara daripada menulis
2 28. Tulisan
tangan saya biasanya kurang bagus/kurang rapih
2 29. Saya
biasa menggunakan jari untuk menunjuk kalimat yang saya baca
3 30. Saya
dapat dengan cepat melakukan penjumlahan atau perkalian dalam pikiran saya
3 31. Saya
suka mengeja kata-kata dan sering melakukannya
3 32. Saya
akan sangat terganggu jika ada orang
yang berbicara pada saat saya nonton TV
3 33. Saya
suka mencatat perintah/intruksi yang
ditujukan kepada saya yang disampaikan secara
lisan oleh siapapun
3 34. Saya
dapat dengan mudah mengingat apa yang orang lain katakan kepada saya
3 35. Saya
paling mudah belajar sambil mempraktekkan daripada belajar teori saja
3 36. Sangat
sulit bagi saya untuk duduk diam dalam waktu yang lama
3 37. Jika
mengerjakan soal UTS/UKK saya langsung membaca soal tanpa membaca petunjuknya
3 38. Saya
lebih senang menikmati lagu dengan melihat video klipnya
3 39. Saya
agak telat/susah menghafal lirik (kata-kata) yang ada dalam sebuah lagu
4 40.
Saya selalu berusaha untuk menjauhi kerumunan
karena saya lebih suka menyendiri
“LONGLIFEEDUCATION
HENDY
EFFENDI RESEARCH (HER)
PENJELASAN QUISIONER MODALITAS
BELAJAR
Tulislah angka-angka yang anda
lingkari pada lembar Quisioner ke dalam kotak-kotak di bawah ini,
Lalu komparasikan dengan
keterangan V, A, dan K !
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
2, 3, 6, 7, 12, 17, 19, 23,
25, 30, 31, 33, 38, 40
A
|
1, 4, 8, 11, 14, 15, 16, 20,
22, 27, 32, 34, 39
K
|
5, 9, 10, 13, 18, 21, 24,
26, 28, 29, 35, 36, 37
Modalitas
Belajar adalah gaya belajar yang dimiliki oleh setiap individu.
Macam-macam Modalitas Belajar :
1.
VISUAL (Belajar dengan cara MELIHAT)
2.
AUDITORI (Belajar dengan cara MENDENGAR)
3.
KINESTETIK (Belajar dengan cara
BERGERAK/BEKERJA/MENYENTUH)
Dalam Buku Quantum Learning (karangan Bobbi DePorter &
Mike Hernacki) dijelaskan bahwa dalam tahapan tertentu setiap individu belajar dengan ketiga
modalitas tersebut, tapi kebanyakan individu lebih cenderung memiliki satu
modalitas saja.
Ciri individu yang
memiliki modalitas belajar Visual :
1). Bicara agak cepat
2). Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi
3). Tidak mudah terganggu oleh keributan
4). Lebih mudah mengingat apa yang dilihat daripada apa
yang didengar
5). Lebih suka membaca daripada dibacakan
6). Bisa membaca cepat
7). Memiliki hobi membaca
8). Seringkalai mengetahui apa yang harus dikatakan tapi
kurang pandai memilih kata-
kata
9). Tekun dalam belajar
10).
Mempunyai masalah dalam mengingat intruksi verbal kecuali jika ditulis, dan
seringkali minta bantuan
orang lain untuk mengulangi intruksi verbal tersebut
Ciri individu yang
memiliki modalitas belajar Auditori :
1). Saat
bekerja suka bicara kepada diri sendiri
2). Mudah
terganggu oleh keributan
3). Senang
membaca dengan suara keras
4).
Menggerakkan bibir agak berlebihan pada saat membaca
5). Suka
mengucapkan saat melihat tulisan
6). Kalau
berbicara sangat fasih
7). Lebih
pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya
8). Lebih
suka gurauan lisan daripada membaca buku novel, komik, dll
9). Berbicara
dalam irama yang terpola
10).
Pendengar yang baik
Ciri individu yang memiliki
modalitas belajar Kinestetik :
1).
Berbicara perlahan
2). Tidak
mudah terganggu oleh keributan
3). Jika
menghafal sesuatu biasanya sambil berjalan-jalan
4). Menggunakan
alat tunjuk (jari, pulpen, dll) ketika membaca
5). Malas
menulis tapi hebat dalam berbicara/bercerita
6). Ketika
melihat suatu benda, keinginan untuk menyentuh benda tersebut sangat kuat
7).
Menggerakkan anggota tubuh agak berlebihan saat membaca
8).
Menyukai permainan yang menyibukkan
9). Tidak
dapat mengingat/menentukan arah mata angin dengan baik
10). Untuk
mendapatkan perhatian, suka menyentuh orang yang sedang diajak bicara
QUISIONER MODALITAS BELAJAR SISWA
“
UNTUK MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA
KELAS VIII.B SMPN 2 PAMEUNGPEUK-GARUT
Tahun pelajaran 2017-2018
DISUSUN OLEH :
Drs. HENDY EFFENDI
19660913 199802 1 001
SMP NEGERI 2 PAMEUNGPEUK
Jl. RAYA PAMEUNGPEUK-CISOMPET KM 3 KP.
CIGADOG DESA SIRNABAKTI
KEC. PAMEUNGPEUK KAB. GARUT
DAFTAR
MODALITAS BELAJAR SISWA
KELAS
VIII.B
SMP
NEGERI 2 PAMEUNGPEUK-GARUT
TAHUN
PELAJARAN 2017-2018
NO
|
NAMA
SISWA
|
MODALITAS BELAJAR
|
MODALITAS DOMINAN
|
||
VISUAL
|
AUDITORI
|
KINESTETIK
|
|||
1
|
Abdul Lathif Setiawan
|
2
|
9
|
4
|
A
|
2
|
Albi Fadillah Ahmad
|
1
|
3
|
2
|
A
|
3
|
Aldi Saputra
|
4
|
7
|
4
|
A
|
4
|
Andi Apriliawan
|
1
|
5
|
3
|
A
|
5
|
Arizal Fadhilah
|
4
|
4
|
7
|
K
|
6
|
Clara Velita Pranolo
|
4
|
8
|
5
|
A
|
7
|
Dani Setiawan
|
5
|
6
|
7
|
KAV
|
8
|
David Aliefatan
|
1
|
4
|
5
|
KA
|
9
|
Desi Amelia
|
3
|
4
|
7
|
K
|
10
|
Desi Indri Sulistiani
|
4
|
6
|
4
|
A
|
11
|
Dhea Nabillah Bambang
|
2
|
6
|
7
|
KA
|
12
|
Dian Nur Arifah
|
4
|
8
|
6
|
AK
|
13
|
Fajar Ramadhan
|
3
|
3
|
1
|
VA
|
14
|
Galih Arya Putra
|
2
|
4
|
8
|
K
|
15
|
George Kanisius
|
3
|
5
|
4
|
AK
|
16
|
Herlan Alfaridzi
|
1
|
4
|
6
|
K
|
17
|
Ibrohim
|
2
|
6
|
5
|
AK
|
18
|
Indah Permatasari
|
2
|
4
|
4
|
AK
|
19
|
Ismail Raja Hamsyah Dani
|
2
|
3
|
2
|
AVK
|
20
|
Isya Setianingrum
|
3
|
8
|
9
|
KA
|
21
|
Lolita Agustina
|
4
|
5
|
5
|
AKV
|
22
|
Lulu Utami Armina
|
4
|
6
|
5
|
AKV
|
23
|
Marco
|
3
|
6
|
4
|
A
|
24
|
Meli Maulidia
|
8
|
7
|
7
|
VAK
|
25
|
Moch.
Zabal
|
3
|
6
|
7
|
KA
|
26
|
Muhammad Dwi Saputra
|
-
|
-
|
-
|
-
|
27
|
Muhammad Rizki
|
8
|
6
|
6
|
VAK
|
28
|
Nilam Cahya
|
3
|
4
|
4
|
AKV
|
29
|
Nur Fatmawati
|
3
|
4
|
3
|
AVK
|
30
|
Nurhajat
|
5
|
7
|
5
|
A
|
31
|
Oky Setiawan
|
3
|
6
|
5
|
AK
|
32
|
Putri Nurlianita
|
6
|
6
|
7
|
KVA
|
33
|
Ramadani Eka Pamungkas
|
6
|
4
|
4
|
V
|
34
|
Syahrul Ramadhan
|
1
|
1
|
3
|
K
|
35
|
Tomi
|
1
|
4
|
4
|
AK
|
36
|
Tri Kusumaningtyas
|
4
|
6
|
4
|
AVK
|
LEMBAR PENGESAHAN
QUISIONER
MODALITAS BELAJAR
UNTUK MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA
KELAS VIII.B SMPN 2 PAMEUNGPEUK-GARUT
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
Pameungpeuk, 16 Oktober 2017
Kepala Sekolah Penyusun
Aip Saputra, S.Pd
Drs. Hendy Effendi
19601227 198302 1 003
19660913 199802 1 001
PEDOMAN UNTUK
GURU/ORANG TUA
|
TINDAK LANJUT HASIL QUISIONER
1. STRATEGI
UNTUK MEMPERMUDAH PROSES BELAJAR SISWA VISUAL
1). Gunakan materi
visual seperti gambar-gambar, diagram, atau peta
2). Berikan
variasi warna untuk menandai hal-hal yang dianggap penting
3). Ajak siswa
untuk membaca buku-buku berilustrasi
4). Gunakan multi
media misalnya komputer, OHP, DVD Player, atau In Focus
5). Ajak siswa untuk
mencoba mengilustrasikan ide-idenya ke dalam bentuk gambar
2. STRATEGI
UNTUK MEMPERMUDAH PROSES BELAJAR SISWA AUDITORI
1). Ajak siswa
untuk ikut berpartisipasi saat diskusi baik di dalam kelas maupun di keluarga
2). Dorong siswa
untuk membaca materi pelajaran dengan suara keras
3). Gunakan
selingan musik saat menyampaikan materi pelajaran kepada siswa
4). Diskusikan ide
dengan siswa secara verbal
5). Biarkan siswa
merekam materi pelajaran ke dalam kaset
3. STRATEGI
UNTUK MEMPERMUDAH PROSES BELAJAR SISWA KINESTETIK
1). Jangan
paksakan siswa untuk belajar sampai berjam-jam
2). Ajak siswa
baca buku sambil berjalan-jalan atau bersepeda
3). Izinkan siswa
untuk mengunyah permen karet pada saat belajar
4). Gunakan warna
terang/mencolok untuk menandai hal-hal penting dalam bacaan
5). Izinkan siswa
untuk belajar sambil mendengarkan musik
AKAN JAUH LEBIH BIJAKSANA BILA GURU/ORANG TUA TERLEBIH
DAHULU MENGETAHUI MODALITAS BELAJAR DIRINYA SENDIRI SEBELUM MENELITI
MODALITAS BELAJAR SISWA !!!
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar