Minggu, 12 November 2017

SOLUSI UNTUK PARA SISWA DALAM MENGHADAPI GURU GALAK

SOLUSI UNTUK PARA SISWA DALAM MENGHADAPI GURU GALAK
(Sebenarnya Tidak akan ada guru galak kalau siswanya taat aturan)



NO
SOLUSI
URAIAN
1
Sabar
Ketika sedang belajar di dalam kelas tiba-tiba beliau marah-marah kita harus sabar, tetap tenang tidak usah berkomentar apapun, apalagi berbisisk-bisik bisa menyinggung perasaannya. Ada ungkapan dari para cerdik cendekia bahwa “dalam keadaan-keadaan yang sulit kita harus tetap tenang”. Ketenangan merupakan bagian dari kesabaran.

2
Murah Senyum
Pas lagi jalan kita papasan dengan beliau jangan lupa ucapkan salam.diiringi senyuman tulus. Karena ucapan salam dan senyum yang tulus adalah dua hal posistif yang bisa memberi kesan baik di mata beliau. Suasana hati beliau yang sedang baik akan membawa dampak yang baik pula nanti di dalam kelas.

3
Unjuk Prestasi
Kalau di kelas ada yang enggak beres pasti beliau akan langsung menegur dan marah-marah. Untuk menghadapinya, tunjukkanlah niat belajar kita di kelas, misalnya menyimak saat beliau menjelaskan, aktif bertanya, aktif memberikan pendapat, mengerjakan PR dan tugas tepat waktu.

4
Jujur
Cara mengajar setiap guru tidak ada yang sama. Ketika ada yang tidak sreg dengan salah seorang guru, sampaikanlah (melalui perwakilan pengurus kelas) masalah tersebut ke guru kelas/wali kelas atau langsung kepada guru yang bersangkutan, tentu saja dengan cara yang baik dan sopan. Kemukakan semuanya jangan sampai ada yang terlewat. Ada ungkapan “Kejujuran adalah ibarat mata uang yang akan berlaku dimana-mana”.

5
Jaga Konsentrasi
Apapun yang terjadi di kelas, siswa harus selalu menjaga konsentrasi, pikirkanlah bahwa kita sedang belajar tidak sedang mengerjakan hal lain. Maka belajar akan lebih nyaman dan kondisi kelas akan kondusif. Hasil belajarpun akan bagus. Nilai-nilai yang sempurna insyaallah akan diperoleh oleh seluruh siswa.

6
Jangan Melawan
Ketika guru ngomel-ngomel dan marah-marah tunjukkanlah rasa hormat kepada beliau bukannya cengar-cengir apalagi sampai melawan atau menantang balik. Kalau kita menganggap omelan guru adalah sesuatu yang lucu maka beliau akan tersinggung.

7
Jangan Ngobrol
Baik ketika guru sedang menjelaskan atau tidak, kita dilarang ngobrol walaupun ngobrolnya berbisik. Ngobrol ada waktunya nanti saatnya jam istirahat.
Kalau ketujuh poin di atas dilaksanakan oleh para siswa insyaallah tidak akan ada lagi sebutan “guru galak” tapi diganti dengan sebutan “guru baik”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar