CARA MENGHADAPI SISWA BANDEL/NAKAL
NO
|
CARA
|
URAIAN
|
1
|
Mengetahui Gaya
Belajar Siswa
|
Guru harus
mengetahui gaya belajar siswa, apakah gayanya Audio, visual, atau kinestetik.
Caranya buatlah Quisioner Modalitas Belajar Siswa (Bisa dilihat di “kuncen
kurikulum.blogspot.com”)
|
2
|
Gunakan Metode
Mengajar Secara Klasikal Variatif
|
Setiap kelas
memiliki keunikan/karakternya masing-masing. Metode mengajar di kelas A belum
tentu cocok digunakan di kelas B, C, dan sterusnya. Harus digunakan beragam
metode mengajar (Bisa dilihat di “kuncen kurikulum.blogspot.com”)
|
3
|
Hindari ucapan
“nakal” kepada siswa
|
·
Walaupun anak tersebut memang nakal
sebaiknya hindari ucapan “Dasar kamu anak nakal” tapi akan lebih baik jika
diucapkan “Saya yakin apa yang orang lain katakan tentang kamu itu tidak
benar, kamu masih lebih baik”, dengan demikian siswa tersebut akan merasa
masih ada orang yang percaya padanya.
|
4
|
Beri Peringatan
Dengan Gestur Nonverbal
|
Marah dengan
berteriak akan menguras emosi/energi, lebih baik gunakan gestur nonverbal
misalnya menaruh jari telunjuk di depan mulut atau tatap mata siswa yang
berisik sampai ia sadar kalau sedang diperhatikan guru dan akhirnya akan diam
dengan sendirinya.
|
5
|
Sering Memberikan
kalimat motivasi
|
Misalnya “Saya yakin
kamu bisa memilih mana yang terbaik menurut kamu” atau “Saya yakin kamu suatu
saat nanti akan berubah” bisa juga “Saya yakin kamu bisa belajar di sekolah
sebaik belajar di rumah”.
|
6
|
Hindari Ucapan
“jangan”
|
Daripada mengucapkan
“jangan berisik !”, “jangan mengobrol !” lebih baik ucapkan “Ayo perhatikan
ke depan, kamu mau kan nilai ujiannya bagus” atau “Yang memperhatikan saya
jamin bebas remed”.
|
7
|
Berikan Kepercayaan
|
Berikan ia
kepercayaan mulai dari hal-hal yang kecil sampai yang besar. Sekali-kali
suruh ia membawakan barang guru atau berikan kesempatan untuk memimpin suatu
kegiatan tertentu baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
|
8
|
Hargai perbuatan
baiknya
|
Jangan terlalu fokus
kepada perbuatan negatifnya saja tapi cari dan hargai perilaku postifnya,
dengan begitu ia akan senang dan merasa dihargai serta secara
berangsur-angsur akan merubah perilaku negatifnya.
|
9
|
Bicara secara
personal
|
Sesekali ajak
ngobrol secara empat mata siapa tahu ia berbuat bandel/nakal karena ada
masalah keluarga, masalah teman, atau masalah lain yang belum kita ketahui.
Bisa juga kolaborasi dengan guru BP/BK dalam mencari data kasus siswa. Kalau
ia sudah merasa ada kedekatan dengan guru maka ia akan menjaga sikap untuk
tidak terus menerus berbuat onar di dalam kelas.
|
10
|
Sabar dan Senyum
|
Jadi guru memang
cape dan melelahkan tapi itu kan pilihan hidup anggap saja sesuatu yang biasa
sebagai resiko pekerjaan. Walaupun diluar sekolah kita sedang ada masalah, di
lingkungan sekolah tetap kita layani seluruh siswa dengan penuh kesabaran dan
jangan lupa selalu senyum. Ingat senyum adalah ibadah yang pahalanya setara
dengan sodaqoh.
|
11
|
Kirim Do’a
|
Setiap kali selesai
melaksanakan ibadah kita selalu mendo’akan anggota keluarga, nah tidak ada salahnya
do’akan juga siswa kita yang bandel/nakal agar berubah menjadi lebih baik.
|
Review of Merkur, Merkur, Merkur, Merkur & Merkur - ChoEcoCasino
BalasHapusThe Merkur is bet365 an outstanding safety razor. The Merkur 37C 메리트카지노 is also one of the most aggressive クイーンカジノ safety razors ever produced.